Langsung ke konten utama

Pengertian OOP


Pengertian OOP

OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.
Jenis-Jenis OOP pada Bahasa Pemrograman
Karena kemudahan yang diberikan oleh konsep OOP, banyak Bahasa yang membawa dukungan fitur OOP, karena hal itu OOP menjadi memiliki dan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu :
·         Bahasa OOP Murni adalah sebuah bahasa yang mengharuskan program ditulis hanya berupa object saja. Contoh – Eifel, Smaltalk, Ruby, Jade dan lain-lain.
·         Bahasa OOP Hybrid adalah bahasa yang dirancang untuk pemrograman object dengan beberapa elemen procedural.
·         Bahasa OOP Hybrid dalam Web sama seperti Bahasa OOP Hybrid, yang berbeda hanyalah, konsep ini sering digunakan dalam pemrograman Web.

Konsep OOP

·         Abstrak Class

1.    Kelas merupakan deskripsi abstrak informasi dan tingkah laku dari sekumpulan data.

2.    Kelas dapat diilustrasikan sebagai suatu cetak biru(blueprint) atau prototipe yang digunakan untuk menciptakan objek.

3.    Kelas merupakan tipe data bagi objek yang mengenkapsulasi data dan operasi pada data dalam suatu unit tunggal.

4.    Kelas mendefinisikan suatu struktur yang terdiri atas data kelas (data field), prosedur atau fungsi (method), dan sifat kelas (property).

·         Encapsulation

1.    Istilah enkapsulasi sebenarnya adalah kombinasi data dan fungsionalitas dalam sebuah unit tunggal sebagai bentuk untuk menyembunyikan detail informasi.

2.    Proses enkapsulasi memudahkan kita untuk menggunakan sebuah objek dari suatu kelas karena kita tidak perlu mengetahui segala hal secara rinci.

3.    Enkapsulasi menekankan pada antarmuka suatu kelas, atau dengan kata lain bagaimana menggunakan objek kelas tertentu.

4.    Contoh: kelas mobil menyediakan antarmuka fungsi untuk menjalankan mobil tersebut, tanpa kita perlu tahu komposisi bahan bakar, udara dan kalor yang diperlukan untuk proses tersebut.

·         Inheritance

1.    Kita dapat mendefinisikan suatu kelas baru dengan mewarisi sifat dari kelas lain yang sudah ada.

2.    Penurunan sifat ini bisa dilakukan secara bertingkattingkat, sehingga semakin ke bawah kelas tersebut menjadi semakin spesifik.

3.    Sub kelas memungkinkan kita untuk melakukan spesifikasi detail dan perilaku khusus dari kelas supernya.

4.    Dengan konsep pewarisan, seorang programmer dapat menggunakan kode yang telah ditulisnya pada kelas super berulang kali pada kelas-kelas turunannya tanpa harus menulis ulang semua kodekode itu.

·         Polymorphism

1.    Polimorfisme merupakan kemampuan objekobjek yang berbeda kelas namun terkait dalam pewarisan untuk merespon secara berbeda terhadap suatu pesan yang sama.

2.    Polimorfisme juga dapat dikatakan kemampuan sebuah objek untuk memutuskan method mana yang akan diterapkan padanya, tergantung letak objek tersebut pada jenjang pewarisan.

3.    Method overriding.

4.    Method name overloading.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorian CRUD Java Menggunakan Netbeans dan Xampp Mysql

TUTORIAL CRUD JAVA MENGGUNAKAN NETBEANS DAN XAMPP MYSQL 1.Membuat Database Untuk menjalankan server,click apache dan mysql yang ada pada xampp. Lalu tulis Localhost /phpmyadmin di browser kalian.lihat gambar di bawah Lalu buat database dengan nama db_crud. Setelah itu buat table dengan nama tb_siswa. 2.Membuat Project di Neatbeans. Buka Neatbeans kalian lalu,klick file ->New Project.lalu click next Buat Project dengan nama belajar_crud.kli k finish 3.Membut Koneksi Ke Mysql   Untuk mengkoneksikan dari Netbeans ke Mysql dibutuhkan libray   ,click libraries ->      Add library pilih Mysql JDBC Driver -> klick add libray. Buat class koneksi dengan cara click kanan source packages -> new ->Java Package. lalu beri nama KoneksiDb Lalu click kanan package koneksi new -> java class. Setelah itu ,Masukan syntak koneksi seperti yg ada di gambar dibawah ini. 4.Membuat Form Siswa dengan JForm Buat package...

Tutorial POS Java menggunakan iReport dan mysql

                                 Tutorial POS Javamenggunakan iRepot dan mysql 1.Struktur database 2.Desain Form Setelah ini kita akan membuat koneksi , klik kanan source packace->new->java package->beri nama "koneksi". klik kanan package "koneksi " new->java class->beri nama "config" kemudian ketik : isi syntak ini pada form login CRUD pada Form barang Form transaksi Menggunakan Ireport 5.6.0 (struk dan laporan pasok) klik new->pilih design(A4 struk, A4 landskap pasok)->launch report->beri nama report1(struk), lparan_pasok(laporan pasok)->lokasi folder projek/src/laporan/disini klik next. Buat koneksi-> klik new->database jdbc driver->kemudian samakan : query untu...